Instalasi Windows

August 27, 2019 - 6 minutes
windows sistem operasi pemasangan

Memasang Windows

Windows adalah sistem operasi paling populer di dunia dengan market share sebesar 90%. Hampir setiap PC yang baru selesai dirakit pasti akan dipasangi sistem operasi ini, sehingga penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk memasangnya. Kepopuleran ini juga membawa Windows menjadi sistem operasi paling rentan terhadap serangan virus dan malware daripada sistem operasi lainnya seperti Linux.

Cak berasumsi bahwa pembaca sudah punya ISO-nya dan menggunakan sistem operasi Windows, sehingga langsung meluncur ke langkah-langkah agar ISO ini tadi bisa dipakai untuk memasang Windows.

1. Siapkan Flashdrive atau DVD

ISO adalah versi digital dari kaset, maka untuk menggunakannya, ISO ini harus dimasukkan ke dalam benda fisik, seperti Flashdrive atau DVD. Cak menyarankan Flashdrive dengan kapasitas penyimpanan minimal 4 GB untuk Windows 7, 8 GB untuk Windows 8 dan Windows 10 sebelum build 1803, atau 16 GB untuk Windows 10 versi terbaru.

Kenapa berbeda-beda? Tiap tahunnya, Microsoft menambahkan fitur baru ke dalam Windows, sehingga ukuran Windows itu berkembang. Karena ukuran dari Windows berkembang, maka otomatis ukuran pemasangnya (ISO) juga bertambah besar. Hal ini juga menyebabkan rekomendasi kapasitas penyimpanan flashdrive minimal berbeda-beda, tergantung dari versi Windows yang akan dipasang.

Pembaca bisa menggunakan segala jenis DVD sebagai media fisik dari ISO ini. Karena ISO Windows 10 versi terbaru ukurannya melebihi 4 GB, belum lagi tinggal di Indonesia, maka ISO dengan kapasitas lebih dari 4 GB sulit dicari di toko-toko dekat rumah.

Cak sendiri merekomendasikan pembaca untuk menggunakan flashdrive daripada DVD karena usia flashdrive lebih tahan lama daripada DVD.

2. Masukkan ISO ke dalam media fisik

2.a. Flashdrive

  1. Pasang flashdrive yang akan digunakan
  2. Unduh versi portable dari Rufus

Rufus versi portable

3. Pilih flashdrive yang akan digunakan dari pilihan perangkat

Pilih flashdrive dari menu dropdown

4. Pilih Disk or ISO image (Please select) pada menu Boot selection, setelah itu klik SELECT

Pilih Disk or ISO Image

Klik Select

5. Pilih ISO yang telah diunduh tadi. Setelah memilih, tulisan Disk or ISO image akan menjadi nama berkas ISO yang telah dipilih, seperti pada gambar Tulisan BERUBAH!

6. Bawaannya, Rufus akan menggunakan skema partisi GPT yang hanya didukung oleh PC/Laptop keluaran 2012 dan setelahnya. Agar instalasi bisa dilakukan pada PC/Laptop versi lama, pembaca harus memilih opsi MBR pada menu Partition Scheme. Apabila dirubah menjadi MBR, menu Target System akan secara otomatis berubah menjadi BIOS (or UEFI-CSM).

Skema partisi

7. Menu Format Options bisa dibiarkan bawaannya saja atau diubah-ubah sesuai selera
8. Klik Start
9. Maka muncul dialog ini, yang meminta persetujuan pembaca untuk menghapus seluruh berkas dari flashdrive. Klik OK bila setuju dan melanjutkan proses pemindahan

Hapus seluruh data?

10. Proses ini bisa memakan waktu hingga 15 menit lamanya, tergantung kecepatan transfer dari PC ke flashdrive. Pembaca bisa melakukan aktivitas lainnya sembari menunggu proses ini selesai.

2.b. DVD Burn to Disc

  1. Masukkan DVD ke dalam drive kaset PC/Laptop
  2. Klik kanan pada berkas ISO yang telah diunduh dan pilih Burn to Disc

Klik kanan iso 3. Muncul tampilan seperti ini, lalu pilih Burn.

Klik kanan iso
4.Tunggu kurang lebih 15 menit sebelum proses Burn selesai. JANGAN KELUARKAN DVD DARI DRIVE SELAMA PROSES INI BERLANGSUNG

3. Mulai Perangkat dari Media

Setelah kita selesai menaruh ISO ke flashdrive atau DVD, kita memulai PC dari perangkat tersebut.

  1. Pastikan PC/Laptop tertancap ke sumber listrik
  2. Masukkan flashdrive atau DVD yang telah diisi dengan ISO ke colokan di PC/Laptop
  3. Restart PC apabila menyala, nyalakan PC bila mati
  4. Segera tekan kunci F12 di keyboard begitu muncul logo merk PC. Apabila F12 tidak memunculkan menu seperti pada gambar, ulangi tahapan ini dengan mencoba kunci lain seperti F2, F6, F8, F9, F10, F11, Escape, atau Delete, sampai muncul daftar penyimpanan yang ada di PC.
  5. Nanti muncul pilihan seperti gambar ini. Gambar Boot From which
  6. Bila pembaca menggunakan flashdrive, maka pilih merk flashdrive atau USB. Bila menggunakan DVD, maka pilih DVD/CD Drive. Langkah ini menjadi tahapan paing krusial, karena pembaca bisa memilih GPT atau MBR.

Catatan Batas partisi untuk sistem yang dipasang dengan mode MBR adalah 4 partisi utama. Apabila ingin lebih, maka atur menjadi 1 partisi primer dan 1 partisi tambahan, lalu membuat partisi logis di adlam partisi tambahan itu. Selain itu, MBR hanya bekerja pada harddisk dengan ruang penyimpanan hingga 2 TB saja. Jika ingin lebih, pembaca bisa menggunakan mode GPT, namun hanya didukung pada PC yang keluar di tahun 2012 atau lebih.

4. Memasang Windows

Apabila tahapan No. 3 dilakukan dengan benar, maka tampilan di monitor PC akan menjadi seperti ini. Kalau sudah begini, artinya pembaca sudah siap untuk memasang Windows.

Gambar Installer Windows

Let’s Go!

  1. Di tampilan awal seperti gambar di atas, bisa dibiarkan seperti itu atau diubah sesuai selera. Atur Keyboard or input method ke US, karena itu model keyboard terpopuler di Indonesia. Lalu klik Next
  2. Tampilan berubah menjadi seperti ini, klik Install Now
    Klik Install Now

  3. Setujui S&K
    S&K

  4. Pilih tipe instalasi Custom (advanced)
    Custom or Upgrade?

  5. Sekarang tahap pemartisian. Anda akan disuguhi tampilan seperti pada gambar. Dapat diperhatikan bahwa harddisk ini pernah dipartisi. Ini menunjukkan bahwa Windows pernah dipasang di PC ini sebelumnya. Apabila PC baru dan harddisk baru, Anda bisa melewati langkah ini dan melanjutkannya di langkah ke-8.
    Partitions

  6. Hapus semua partisi. Jika muncul kotak dialog, pilih YES/OK. Apabila Anda tidak mau menghapus semua partisi yang ada, pilih partisi C:\ sebelumnya, lalu klik next dan lanjutkan ke langkah ke-1. Penghapusan seluruh partisi disarankan apabila PC pernah terkena virus sebelumnya.
    Delete Partitions

  7. Setelah menghapus semua partisi, maka daftar partisi akan menjadi seperti pada gambar.
    Tanpa partisi

  8. Buat partisi baru dengan mengetuk New lalu spesifikkan ukuran untuk sistem Windows. Cak menyarankan untuk memberi minimal 100 GB untuk sistem Windows.
    Partisi untuk sistem Windows

  9. Klik OK. Windows akan membuat satu partisi khusus untuk membuat Windows bekerja.
    Klik OK

  10. Nanti daftar partisi akan menjadi kurang-lebih seperti ini. Pembaca bisa menspesifikasikan sendiri untuk partisi tambahan seperti D dan E. Lalu klik Next
    Daftar partisi setelah pengaturan

  11. Windows setup akan menyalin berkas-berkas sistem ke partisi C: yang baru.
    Windows menyalin berkas sistem

  12. Segera cabut flashdrive begitu Windows memulai ulang PC ketika copying windows files sudah 100% pada saat monitor hitam/blank. Bila tidak dicabut, pembaca akan mengulangi proses instalasi.
  13. Windows akan mengkonfigurasi sistem untuk penggunaan pertama kali. Jangan ditinggal, karena pembaca akan mengisi formulir pengguna Windows baru
  14. Buat akun pertama dan atur nama PC, lalu klik Next
  15. Beri password bila disukai, lalu klik Next
  16. Atur tanggal, waktu, dan zona waktu, lalu klik Next
  17. Aktifkan Windows Update untuk mendapatkan pembaruan sistem operasi dari Microsoft. Cak merekomendasikan untuk mengaktifkan Windows Update karena membawa perbaikan untuk sistem ke depannya. Namun apabila pembaca menggunakan hotspot dari ponsel, Cak menyranakan untuk memilih Ask me later, sehingga tidak boros kuota.
  18. Pasang driver untuk hardware yang belum dikeali. Untuk mengetahui hardware apa saja yang belum terpasang driver-nya, pembaca bisa menjalankan Device Manager dari Start. Driver bisa didapatkan dari halaman bantuan manufaktur PC/Laptop atau hardware yang bersangkutan.
  19. Selesai! Windows telah berhasil dipasang

Terima kasih sudah mengikuti panduan ini! Semoga PC baru Anda bebas dari virus dengan tidak sembarangan mengklik shortcut yang ada di flashdrive atau sembarangan memasang program! Selamat menikmati PC baru!

Seksi-seksi tambahan lainnya akan Cak tambahkan di lain waktu.

Cak Sono out

Membuat Situs dengan Hugo

July 28, 2018 - 4 minutes
hugo blog linux windows